A.n.g.k.r.i.n.g.a.n. CR-7

Aneka Informasi Ringan Counter 7

Bookmark and Share

Status Mahasiswa

Posted by ediharyono on November 17th, 2011

Mahasiswa

  1. Mahasiswa program Strata Satu (S-1) Universitas Islam Indonesia (UII) adalah peserta didik yang terdaftar secara resmi di Universitas Islam Indonesia. Selanjutnya disebut mahasiswa.
  2. Mahasiswa aktif adalah mahasiswa yang terdaftar pada semester tertentu.
  3. Mahasiswa non aktif adalah mahasiswa yang tidak terdaftar pada semester tertentu tanpa ijin Rektor.
  4. Mahasiswa cuti akademik adalah mahasiswa yang tidak terdaftar pada semester tertentu atas ijin Rektor.
  5. Mahasiswa Drop Out adalah mahasiswa yang tidak dapat melanjutkan studi karena tidak memenuhi persyaratan jumlah minimal satua kredit semester dan indek prestasi kumulatif pada 4 (empat) semester pertama dan/atau melampaui batas masa studi yang ditentukan
  6. Mahasiswa Passing Out adalah mahasiswa yang tidak dapat melanjutkan studi karena non aktif selama 4 (empat) semester berturut-turut, atau mahasiswa baru yang telah herregistrasi dan membayar angsuran I (pertama), selanjutnya tidak aktif selama 2 (dua) semester pada tahun pertama.
  7. Masa studi adalah waktu maksimal yang ditempuh untuk menyelesaikan studi.

Tabel Pengertian Dasar Status Mahasiswa

Status Mahasiswa

Mahasiswa dapat berstatus aktif, cuti akademik, tidak aktif (non aktif/cuti tanpa ijin)

Aktif

Mahasiswa aktif mempunyai hak mengikuti kegiatan belajar mengajar, mendapat layanan administratif dan akademik, serta mengikuti kegiatan kemahasiswaan. Untuk dinyatakan sebagai mahasiswa aktif, setiap awal semester, mahasiswa melakukan aktivitas dengan prosedur sebaga berikut:

  1. Membayar SPP angsuran I untuk registrasi semester ganjil dan SPP angsuran III untuk registrasi semester genap.
  2. Memperbarui data diri mahasiswa secara online,
  3. Melakukan key-in Rencana Akademik Semester.

Aktivitas tersebut dilakukan sesuai dengan jadwal masing-masing Prodi yang dapat dilihat di Kalender Akademik Semester yang bisa didapatkan di masing-masing fakultas atau diunduh dari website www.uii.ac.id.

Cuti Akademik

Mahasiswa cuti akademik adalah mahasiswa yang tidak aktif pada semester tertentu atas ijin Rektor dengan ketentuan:

  1. Cuti Akademik dapat diajukan oleh mahasiswa yang paling tidak telah menempuh studi selama dua semester pada tahun pertama.
  2. Cuti akademik diberikan tiap satu semester dan lamanya maksimum 4 (empat) semester baik berturut-turut maupun tidak berturut-turut.
  3. Pengajuan permohonan Cuti Akademik dilakukan dengan mengisi formulir yang telah disediakan oleh Fakultas yang ditandatangani oleh Dekan dengan dilampiri: (a) Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa; (b) Surat Keterangan Bebas Perpustakaan (Pusat dan Fakultas); (c) Fotokopi kuitansi pembayaran angsuran kuliah terakhir pada tahun akademi yang bersangkutan; (d) kuitansi pembayaran uang administrasi cuti akademik dari Bank (asli) serta (e) KHS kumulatif (academic record) yang telah ditandatangani DPA dan Ketua Jurusan/Program Studi masing-masing.
  4. Mahasiswa yang berstatus Cuti Akademik dibebaskan dari uang SPP.
  5. Cuti Akademik dan perpanjangannya dapat diajukan pada masa sesuai dengan yang dijadwalkan dalam Kalender Akademik.
  6. Pada saat aktif kembali, mahasiswa tersebut dapat mengambil SKS sesuai dengan IPS dan IPK terakhir sebelum cuti.
  7. Perpanjangan Cuti Akademik dilakukan dengan mengajukan permohonan perpanjangan cuti akademik melalui Direktorat Akademik dengan menyertakan kembali surat permohonan cuti dari Fakultas.
  8. Mahasiswa yang akan aktif kembali setelah Cuti Akademik harus mengajukan surat permohonan aktif kembali sesuai jadwal herregistrasi yang tercantum dalam kalender akademik melalui Direktorat Akademik dengan mengisi formulir yang disediakan di Direktorat Akademik dan dilampiri Surat Ijin Cuti Akademik yang asli yang ditandatangani oleh Wakil Rektor I.

Tidak Aktif /Cuti Tanpa Ijin

Mahasiswa yang berstatus cuti tanpa ijin adalah mahasiswa yang tidak melakukan pembayaran dan key-n pada awal semester tanpa pengajuan Cuti Akademik.

Mahasiswa tersebut tidak berhak mengikuti proses belajar mengajar; mengikuti kegiatan kemahasiswaan; dan mendapatkan pelayanan akademik.

Apabila mahasiswa berstatus cuti tanpa ijin/non aktif selama empat semester berturut-turut, mahasiswa tersebut dapat dicabut statusnya sebagai mahasiswa UII (dikenai status Passing Out).

Pencabutan Status Mahasiswa

Seseorang dapat dicabut statusnya sebagai mahasiswa UII karena:

  • mengundurkan diri
  • pindah
  • drop out
  • passing out

Seseorang dapat dicabut statusnya sebagai mahasiswa UII karena:
- Mengundurkan Diri
- Pindah
- Drop Out
- Passing Out

Mengundurkan Diri
Mahasiswa dengan kemauan sendiri dapat mengajukan permohonan pengunduran diri dan dengan demikian berarti pencabutan statusnya sebagaimahasiswa UII atas ijin Rektor. Pengunduran diri diajukan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa yang mengundurkan diri mengajukan permohonan dengan mengisi selengkapnya formulir permohonan pengunduran diri yang telah disediakan di Fakultas.
  2. Setelah ditandatangani oleh Dekan, Formulir pengajuan permohonan pengunduran diri tersebut diajukan kepada Rektor melalui Direktorat Akademik dengan dilampiri Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) asli dan kuitansi pembayaran terakhir.
  3. Rektor melalui Direktorat Akademik mengeluarkan surat keterangan bahwa mahasiswa yang bersangkutan mengundurkan diri dari UII

Pindah
Mahasiswa dengan kemauan sendiri dapat mengajukan permohonan pencabutan statusnya sebagaimahasiswa UII karena pindah ke perguruan tinggi lain. Permohonan Surat Keterangan Pindah ke Perguruan Tinggi lain diajukan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa mengisi selengkapnya formulir permohonan pengunduran diri yang telah disediakan di Fakultas. Setelah ditandatangani oleh Dekan, Formulir pengajuan permohonan pengunduran diri tersebut diajukan kepada Rektor melalui Direktorat Akademik dengan dilampiri:
    • Surat keterangan diterima di Perguruan Tinggi yang dituju
    • Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) asli dan kuitansi pembayaran terakhir
    • Fotocopy bukti pembayaran SPP terakhir
    • Fotocopy bukti pembayaran dana Catur Dharma.
    • Surat keterangan bebas perpustakaan dari Perpustakaan (Fakultas dan Pusat).
  2. Rektor melalui Direktorat Akademik mengeluarkan Surat Keterangan Pindah ke Perguruan Tinggi lain

Drop Out
Prestasi akademik mahasiswa dievaluasi setiap akhir semester untuk mengetahui hasil belajar yang telah dicapai. Apabila mahasiswa tidak dapat memenuhi kriteria akademik tertentu untuk dinyatakan layak melanjutkan studi di UII maka mahasiswa tersebut dinyatakan Putus Kuliah atau Drop Out (DO). DO terdiri atas: DO Empat Semester Pertama dan DO Masa Studi.

DO Empat Semester Pertama

Mahasiswa yang dalam4 (empat) semester pertama dinyatakan DO apabila tidak memenuhi jumlah maksimal SKS terbaik dengan minimal Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebagaimana ditentukan dalam tabel berikut ini:

tabel

Prosedur DO Empat Semester Pertama:

  1. Pada setiap akhir semester prestasi mahasiswa dievaluasi oleh ProgramStudi sehingga dapat diidentifikasikan mahasiswa yang potensial terkena drop out.
  2. Mahasiswa yang teridentifikasi terkena drop out tersebut di atas diberikan surat peringatan (warning DO) pertama dan kedua oleh Program Studi dan disampaikan kepadamahasiswa serta orang tua yang disampaikan pada akhir semester kedua dan ketiga.
  3. Mahasiswa yang dalam 4 (empat) semester pertama tidak dapat memiliki prestasi sebagaimana disyaratkan dalam tabel di atas akan diajukan oleh Fakultas kepada Rektor atas persetujuan Senat Fakultas untuk dinyatakan DO.
  4. Rektor menerbitkan Surat Keputusan DO bagi mahasiswa yang bersangkutan.

DO Masa Studi

Mahasiswa yang pada batas akhir masa studi belum dapat menyelesaikan semua persyaratan untuk lulus maka dinyatakan DO. Masa studi yang diperkenankan untuk mahasiswa angkatan 2004/2005 dan sesudahnya adalah selama 14 (empat belas semester) kecuali bagi mereka yang pernah mendapatkan ijin cuti akademik dari Wakil Rektor I yang akan mendapatkan perpanjangan masa studi selama jumlah semester cuti akademik tersebut (sebanyak-banyaknya 4 semester).

DO Masa Studi diberlakukan dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Akhir tahun akademik 2011/2012 adalah batas akhir masa studi bagi mahasiswa Ilmu-ilmu Eksakta angkatan 2003/2004 baik bagi mahasiswa yang pernah mendapatkan ijin cuti akademik dari Wakil Rektor I maupun yang belum pernah mendapatkannya serta batas akhir masa studi bagi mahasiswa semua disiplin ilmu angkatan 2005/2006 kecuali bagi mereka yang pernah mendapatkan ijin cuti akademik dari Wakil Rektor I.
  2. Akhir tahun akademik 2012/2013 adalah batas akhir masa studi bagi mahasiswa semua disiplin ilmu angkatan 2005/2006 kecuali bagi mereka yang pernah mendapatkan ijin cuti akademik dari Wakil Rektor I dan seterusnya.

PassingOut

Mahasiswa dinyatakan Passing Out sehingga dicabut haknya sebagai mahasiswa UII jika Cuti Tanpa Ijin atau non-aktif selama 4 (empat) semester berturut-turut, atau mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi dengan membayar angsuran pertama tapi kemudian tidak aktif selama 2 semester pertama pada tahun pertama.

Passing Out dilaksanakan atas dasar usulan Dekan kepada Rektor untuk kemudian menerbitkan Surat Keputusan bagi mahasiswa yang terkena passing out.

Sumber: Direktorat Akademik

2 Responses to “Status Mahasiswa”

  1. jupiz Says:

    untuk mahasiswa angkatan 2002 informatika batas do yg ditentukan sampai kapan pak?
    Makasih

  2. ed Says:

    Dalam buku panduan akademik UII 2010, halaman 36 baris ke 3 di point 2:

    2. Akhir tahun 2010/2011 adalah batas akhir masa studi bagi mahasiswa ilmu-ilmu sosial angkatan 2003/2004 serta mahasiswa ilmu-ilmu eksakta angkatan 2002/2003 baik bagi mahasiswa yang pernah mendapatkan ijin cuti akademik dari Wakil Rektor I maupun yang belum pernah mendapatkannya.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*