A.n.g.k.r.i.n.g.a.n. CR-7

Aneka Informasi Ringan Counter 7

Bookmark and Share

Syarat Wisuda

Posted by ediharyono on April 16th, 2012

Pengertian Wisuda

Wisuda adalah kegiatan seremonial yang diikuti oleh mahasiswa yang telah dinyatakan lulus jenjang studi tertentu. Peserta wisuda adalah mahasiswa yang telah dinyatakan memenuhi syarat-syarat kelulusan oleh Ketua Program Studi dan sudah dilakukan posting data kelulusan oleh Bagian Akademik Fakultas sebelum batas tanggal yang ditetapkan Rektor berdasarkan Pengumuman Wisuda pada setiap penyelenggaraan periode wisuda.

Mahasiswa yang akan mengikuti wisuda sudah melengkapi persyaratan administrasi dan pembayaran biaya pelaksanaan wisuda sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Syarat Pendaftaran Wisuda

1. Calon mendaftarkan diri sesuai jadwal yang telah ditentukan.
2. Calon wisudawan/wati wajib melaporkan ke Bagian Akademik Fakultas untuk diposting sebagai peserta wisuda, dengan syarat sebagai berikut:

  • Menyerahkan Lembar Pengesahan Penguji Tugas Akhir/Skripsi yang sudah ditandatangani oleh Ketua Jurusan/Program Studi (FC)
  • Menyerahkan Sertifikat TOEFL, bagi mahasiswa angkatan 2002 dan seterusnya (FC)
  • Menyerahkan Surat Keterangan Bebas Perpustakaan Fakultas
  • Menyerahkan Surat Tanda Bukti Penyerahan Skripsi dari Perpustakaan Fakultas
  • Menyerahkan Surat Keterangan Bebas Perpustakaan dari Direktorat Perpustakaan UII

3. Lunas pembayaran SPP, dibuktikan dengan bukti pembayaran angsuran I dan II bagi mahasiswa yang lulus pada semester ganjil atau angsuran III dan IV bagi mahasiswa yang lulus pada semester genap.

4. Membayar biaya wisuda di counter Bank yang ditunjuk, dibuktikan dengan slip pembayaran.

  • Biaya Wisuda S1 dan D-3 sebesar Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah), untuk Buku Wisuda, Kalung/Samir Wisuda, snack, foto wisuda, souvenir dan biaya peralatan upacara.
  • Biaya Ijazah S1 dan D-3 sebesar Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah)
  • Iuran Anggota, Alumni UII (Pascasarjana, S-1 dan D-3) Rp 30.000,- (tiga puluh ribu rupiah)

Khusus S-1 Program Internasional ditambah Rp 50.000,-

5. Membayar deposit peminjaman toga sebesar Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) di loket-2 (loket KPBW) Gedung H.GBPH Prabuningrat UII Jl. Kaliurang Km 14,5 Sleman Yogyakarta. Deposit akan dikembalikan jika wisudawan/wati sudah mengembalikan toga selambat-lambatnya 2 (dua) minggu  setelah pelaksanaan wisuda. Jika lewat waktu yang sudah ditentukan, tidak mengambil uang deposit maka uang tersebut dianggap sebagai pembelian toga.

6. Selesai Yudisium pada waktu yang telah ditentukan, dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus Ujian Pendadaran dari Fakultas (khusus FE dibuktikan dengan Surat Keterangan Habis Teori)

7. Mengisi formulir isian pendaftaran di Sekretariat Direktorat Akademik UII Gedung H. GBPH. Prabuningrat Yogyakarta Lantai 1 (di Loket Nomor 12) dilampiri foto 2x3 cm sebanyak 3 lembar, dan 4x6 cm sebanyak 1 lembar. Foto pria memakai Jas dengan Dasi dan foto wanita memakai busana muslimah.

Selama liburan panitia tidak melayani pendaftaran wisuda (sesuai Kalender Akademik)

Syarat Mengikuti Upacara Wisuda

  1. Telah memenuhi seluruh persyaratan wisuda
  2. Melakukan Pengambilan TOGA, peminjaman dilayani sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  3. Pengambilan undangan dan kalung wisuda (samir) di Loket 5 s/d 12, Direktorat Akademik UII Pusat, Gedung Rektorat Lt 1, dengan menunjukkan Bukti Peminjaman Toga.
  4. Mengikuti penjelasan upacara wisuda (Gladi Bersih) di Auditorium KH. Abd. Kahar Mudzakir Kampus Terpadu UII, Jl. Kaliurang Km. 14,5 Yogyakarta sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Seluruh wisudawati diwajibkan mengenakan busana muslimah.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*