A.n.g.k.r.i.n.g.a.n. CR-7

Aneka Informasi Ringan Counter 7

Bookmark and Share

Teknis Pelaksanaan Upacara Wisuda

Posted by ediharyono on January 10th, 2014

GLADI BERSIH

  1. Gladi bersih dilaksanakan satu hari sebelumnya di tempat pelaksanaan wisuda.
  2. Gladi bersih diadakan untuk: (a) membantu kelancaran pelaksanaan upacara wisuda dan (b) wisudawan mengetahui hak/kewajiban peserta pada waktu pelaksanaan wisuda.

PERSIAPAN PELAKSANAAN UPACARA WISUDA

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan/dilakukan:

  1. Hadir paling lambat pukul 07.00 WIB
  2. Melakukan presensi dan tanda terima ijazah (utara Auditorium/Masjid) sesuai dengan fakultas masing-masing (lihat petunjuk di tempat presensi) sebelum acara posesi dimulai.
  3. Selesai presensi, memperoleh kokart dan souvenir. Kokart dipakai di dada sebelah kiri, berfungsi sebagai petunjuk nomor kursi tempat duduk dan nomor urut pemanggilan wisuda.
  4. Setelah selesai presensi dan menerima fasilitas, wisudawan dipersilahkan menuju ke sebelah barat Auditorium/Masjid untuk transit, menunggu dipersilahkan masuk ke tempat upacara.
  5. Tamu undangan (orang tua) dipersilahkan mengambil buku wisuda dan snack dengan menukarkan slip yang berada di dalam undangan.
  6. Semua fasilitas yang telah diterima (buku wisuda, souvenir) termasuk tas supaya dititipkan kepada orang tua/keluarga atau petugas di tempat penitipan barang, karena barang-barang tersebut tidak diperbolehkan dibawa ke tempat upacara.
  7. Orang tua/keluarga menuju ke tempat yang telah disediakan (undangan dibawa) dan akan dipandu oleh para penerima tamu yang berada di depan pintu masuk undangan.

PELAKSANAAN UPACARA WISUDA

  1. Dari tempat transit wisuda, wisudawan/wisudawati secara berurutan memasuki tempat upacara wisuda, dipandu oleh petugas (Perhatikan Instruksi Petugas). Pastikan tali pada toga berada di sebelah kiri. Pada saat memasuki ruangan wisudawan di setiap fakultas berbaris tiga-tiga, wisudawati berada di bagian depan.
  2. Pada waktu wisudawan/wati memasuki tempat upacara wisuda, harap diperhatikan nomor kursi tempat duduk sesuai fakultas/jurusan dan akan dipandu oleh petugas dari fakultas masing-masing. Nomor kursi sama dengan nomor presensi/kokart masing-masing wisudawan/wati.
  3. Pada saat wisudawan cumlaude akan diwisuda dan pemindahan kucir oleh Rektor akan dipanggil satu-persatu oleh petugas/MC secara berurutan. Sedangkan wisudawan reguler akan diwisuda oleh Dekan/Ketua Program, dipanggil satu-persatu oleh petugas/MC secara berurutan dan dipersilahkan maju menuju Dekan untuk pemindahan kucir, setelah itu pindah ke Pembantu Dekan/Ketua Prodi/Program untuk menerima map-ijazah asli dan bersalaman. (Ingat, jangan maju sebelum dipanggil oleh petugas/MC). Setelah itu kembali ke tempat duduk. Bila keluar dari tempat duduk lewat sebelah Selatan, maka kembalinya supaya melewati sebelah Utara, hal ini untuk menghindari kemacetan/gangguan teknis dengan wisudawan berikutnya.
  4. Setelah seluruh wisudawan di wisuda, dilakukan pembacaan ikrar setia alumni yang dipandu oleh salah satu wisudawan yang telah ditunjuk.
  5. Selanjutnya wisudawan/wati mendengarkan dan mengikuti acara-acara selanjutnya hingga selesai.

RESIKO-RESIKO

  1. Bila lupa/lalai membawa toga, topi dan samir, panitia tidak menyediakan pengganti ataupun cadangan.
  2. Bila lupa/lalai tidak melakukan presensi, dianggap mengundurkan diri dan tidak akan dipanggil oleh petugas/MC untuk diwisuda.
  3. Dengan alasan apapun bila terlambat datang sedangkan cara sudah dimulai maka tidak ada dispensasi untuk masuk ke dalam tempat upacara wisuda.
  4. Undangan yang telah diterima supaya dibawa dan atau diserahkan kepada orang tua/keluarga. Bagi yang tidak memiliki dan membawa undangan tidak akan dilayani oleh petugas dan akan ditempatkan di tempat umum.
  5. Kesalahan pemotretan karena kesengajaan/kelalaian yang tidak menempati posisi duduk dan atau tidak mengikuti aturan-aturan yang ada, dan maju sebelum dipanggil, semuanya menjadi resiko wisudawan dan panitia tidak bertanggung jawab untuk itu.

LARANGAN BAGI PESERTA WISUDA

  1. Peserta Pria dilarang memakai celana blue-jeans dan sepatu olah raga, sedangkan Putri jarik yang terlalu ketat serta sandal yang bertumit tinggi (pakailah pakaian yang layak dan pantas untuk acara resmi).
  2. Tidak diperbolehkan datang terlambat ke tempat upacara. wisudawan/wati sudah harus berada di lokasi upacara paling lambat pukul 07.00 WIB. Perlu diperhatikan: jarak perjalanan, kemacetan dan lain sebagainya mengingat jumlah wisuda termasuk keluarga cukup banyak.
  3. Tidak diperbolehkan membawa anak kecil, tustel ke dalam tempat upacara wisuda, agar tidak mengganggu proses jalannya upacara wisuda. Pemotretan di dalam gedung dan saat upacara wisuda hanya dilakukan oleh petugas resmi yang ditunjuk.
  4. Selama berlangsung upacara wisuda dilarang MEROKOK, bersorak/berteriak dan atau bertepuk tangan serta mentertawakan orang lain dan keluar arena upacara wisuda.

PARKIR KENDARAAN

  1. Bagi peserta wisuda yang telah memiliki tanda parkir agar ditempelkan di kaca kendaraan di bagian depan.
  2. Tempat parkir kendaraan roda empat berada di jalan sebelah selatan gedung Program Diploma-3.

FOTO WISUDA, KARTU ALMUNI, TRANSKRIP NILAI DAN PENGEMBALIAN TOGA

  1. Foto wisuda dapat diambil di Direktorat Akademik Gedung Rektorat, mulai hari Senin (2 hari setelah wisuda).
  2. Pengambilan transkrip Nilai dan legalisir, dilayani oleh bagian akademik Fakultas masing-masing dengan menyerahkan bukti pengembalian toga.
  3. Pengembalian toga dapat dilayani setelah prosesi wisuda selesai s/d pukul 14.00 WIB.
  4. Bukti pengembalian toga sebagai syarat untuk mengambil Transkrip nilai di fakultas masing-masing.
  5. Kartu Alumni diambil di Alumni Career Center.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*